Menu

Mode Gelap

News · 14 Sep 2024 21:37 WITA ·

Pabrik Bahan Baku Baterai Mobil Listrik di Morowali Mulai Dibangun

badge-check

Redaksi


 Pabrik Bahan Baku Baterai Mobil Listrik di Morowali Mulai Dibangun. Foto: Istimewa Perbesar

Pabrik Bahan Baku Baterai Mobil Listrik di Morowali Mulai Dibangun. Foto: Istimewa

Pabrik bahan baku baterai mobil listrik mulai dibangun di Desa Buleleng, Kecamatan Bungku Pesisir, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah, Sabtu, 14 September 2024.

Mega proyek itu ditarget mulai beroperasi awal 2026 dengan rencana serapan tenaga kerja sebanyak 3000 orang.

Acara bertajuk Ground Breaking HPAL Neo Energy yang digelar di kawasan Neo Energy Morowali Industrial Estate (NEMIE) itu, dihadiri Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, dan Kepala Staf TNI Angkatan Darat, Jenderal TNI Maruli Simanjuntak.

Dalam sambutannya, Airlangga mengatakan nikel Indonesia termasuk penyuplai baterai untuk seluruh dunia. Indonesia menjadi produsen nikel nomor satu nikel dunia.

Keberadaan industri di Morowali, dia menyebutkan, mampu mendorong pertumbuhan ekonomi makro hingga 20 persen. Empat kali dari pertumbuhan ekonomi nasional.

“Diharapkan dengan ini bisa menjadi lebih meningkat,” tutur Airlangga.

Dia juga mengapresiasi pihak Neo Energy dalam hal komitmennya sebagai industri ramah lingkungan.

Presiden Komisaris Neo Energy, Joseph Hong, mengatakan semua operasional di kawasan perusahaannya akan menggunakan 100 persen energi hijau, termasuk tenaga air dan tenaga surya.

Dia juga menyatakan, kehadiran industrinya bertujuan memperkuat posisi Indonesia di pasar global sebagai produsen nikel yang ramah lingkungan.

“Produk kami tidak hanya mendukung kebutuhan industri baterai kendaraan listrik dunia, tetapi juga diharapkan mampu mengharumkan nama Indonesia dalam pengembangan teknologi dan pengolahan mineral yang berkelanjutan,” kata Joseph Hong.

Gubernur Sulawesi Tengah, Rusdy Mastura, mengaku sangat gembira dan bangga dengan kehadiran industri di daerahnya yang ramah lingkungan.

Dia juga menyatakan akan selalu terbuka dalam menerima setiap industri yang masuk, namun peningkatan kesejahteraan dan kompetensi masyarakat harus mampu diperhatikan.

Adapun Kepala Staf TNI Angkatan Darat, Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, berharap seluruh daerah yang berada di sekitar perusahaan Neo Energy tersebut harus diberikan akses yang baik, terutama dalam pemenuhan air bersih bagi masyarakat.

Di pengujung acara, dilakukan seremonial peletakan batu pertama pembangunan yang ditandai dengan peletakan jari tangan oleh Airlangga Hartarto, Jenderal Maruli Simanjuntak, Gubernur Sulteng, dan pihak Neo Energy, beserta beberapa pejabat, di layar sentuh panggung utama, hingga muncul gambar dua orang karyawan berpakaian ala operator proyek lengkap dengan kendaraan alat beratnya.

Ikuti Berita PaluPoso di Google News

Artikel ini telah dibaca 141 kali

Baca Lainnya

Bus Trans Palu Siap Beroperasi 20 September

16 September 2024 - 22:27 WITA

Longsor Putus Akses Jalan Trans Sulawesi di Kebun Kopi, 2 Kendaraan Tertimbun

5 September 2024 - 13:30 WITA

Kota Palu Raih Penghargaan ANRI atas Implementasi Aplikasi Srikandi

5 September 2024 - 12:28 WITA

Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Kota Palu, Syamsul Saifuddin, mewakili Wali Kota Palu, menerima penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia atas keberhasilan mengimplementasikan aplikasi Srikandi, pada Selasa, 3 September 2024, di Hotel Lombok Raya, Kota Mataram.

Wakil Wali Kota Palu Pimpin High Level Meeting TPID, Bahas Program Palu Mantap

4 September 2024 - 20:59 WITA

Anggota DPRD Parigi Moutong 2024-2029 Resmi Dilantik, Berikut Nama-namanya

2 September 2024 - 22:08 WITA

Kota Palu Masuk 10 Besar untuk Verifikasi Data SDG’s I-SIM 2024

2 September 2024 - 21:51 WITA

Trending di News